Tips Cara Melupakan Mantan



(new BBM)


"Gi.. Cara ngelupain mantan gmn?"


Hah? Mantan? Asal kata 'mantan' dari mana sih? Meneketehe
18.05 ditanya soal cara ngelupain mantan sama Raja, si karib yang suka ngaku paling ganteng dan keren. Padahal kalau pakai make up udah mutlak bakal nyandang panggilan 'sis' deh.

Oke. Hello teman-teman yang lagi senang, yang lagi sedih, yang baru tunangan, yang lagi kehujanan, yang lagi ujian dan apapun. Moga semuanya sehat selalu ya, bersyukur masih bisa beraktifitas. Karena kalau sakit pasti di rumah sakit (kata Kang Sule). Moga juga teman-teman pada punya mantan ya. Entah itu mantan pacar, mantan gebetan yang gak sempet pacaran atau juga mantan gebetan yang keburu disalip teman dekat. Kontek temanya adalah mantan pacar dan sekitarnya yah. Yang gak punya mantan, masa iyah sih? (mungkin ada, ya sabar aja) Tetap bersyukur. Karna yang punya mantan pun mungkin berbangga karena bisa ganti-ganti pasangan saat ke undangan, ganti-ganti foto buat update di social media atau bisa jadi berbangga karena menjadi terlatih patah hati. LOL

Akan banyak pendapat dan pandangan tentang cara melupakan mantan, pasti. Siapapun boleh setuju atau tidak, boleh yes atau no. Aku sih yes (Mas Anang style). Sebagian orang berfikir bahwa mantan harus dilupakan karena itu bagian dari masa lalu yang membuat susah move on. Tahukah bahwa yang mengijinkan hati manusia susah move on itu adalah dirinya sendiri? Dan mari diskusi tentang hal itu. Beberapa tips (moga tips beneran) cara melupakan mantan, masa lalu dan kenangan. (Jangan dikubur yah, karena kenangan gak pernah mati) :p

  1. NIAT, settinglah niat untuk mengalihkan pikiran ke hal lain. Karena semakin niat melupakan, malah semakin mengingat-ingat. Faktanya, obsesi untuk melupakan malah membuat semakin ingat dan sulit untuk move on. Seperti kata pepatah Ustad, niat harus bulat dan tekad harus kuat. Yakin pasti bisa. Seindah apapun masa yang dilalui dengan mantan, itu jadi sejarah. Hal yang menyedihkan dengan si mantan, akan menjadi bahan tertawa di masa yang akan datang.
  2. MINDSET, settinglah mindset untuk selalu berpikir positif. Tidak semua orang bisa melakukan ini memang, karena tidak semua orang bisa mengatur emosional dan egonya secara seimbang terutama dalam kondisi labil. Hindari mindset berprasangka buruk pada kenyataan. Hindari mindset yang selalu kuat berpikir bahwa tidak ada orang sebaik si mantan. Mungkin ada mantan terindah, tapi apakah itu yang terbaik? Sesungguhnya apa yang diinginkan belum tentu menjadi apa ayang dibutuhkan. Mulai berpikir bahwa si mantan adalah guru dalam versi lain. Kalau guru di sekolah, kalau si mantan dimana? Cukup di 'Sejarah' saja.
  3. ACTION, settinglah 80% waktu produktif untuk hal-hal yang positif. Di luar sana banyak sekali yang jauh lebih penting dan bermanfa'at untuk dipikirkan dan dilakukan. Tidak melulu harus berdiam diri di kamar untuk mengurai penyesalan dan kegalauan. Tembok sudah pasti tidak bisa diajak ngobrol, apalagi memberikan solusi. :p Faktanya, dengan pergi bekerja, diskusi sama teman dan menikmati kuliner akan membantu. Bekerja lebih fokus dan memanfa'atkan energi lebih untuk sosialisasi dengan keluarga dan teman. Mulai melawan trauma. Tempat, barang-barang dan momen yang mengingatkan jangan dihindari, tetapi usahakan untuk dilalui. Semakin sering dilalui, akan luntur dengan sendirinya. Semakin jauh dihindari, sekalinya dilalui akan terasa lagi sisa galaunya. Contoh saja kalau yang mengingatkan itu adalah cafe, maka seringlah datang ke cafe itu dengan orang yang berbeda. Jejak akan terhapus dengan sendirinya dan memori akan replaced.
  4. REPEAT, Settinglah hari-hari yang berjumlah 7 untuk hal-hal yang positif. Terus diulang setiap minggunya. Mengulagi berarti bentuk usaha yang sungguh-sungguh. Kalau masih inget terus, mesti ada setting niat, mindset dan action yang kurang tepat. Tidak instan memang, tapi seiring proses lah segala sesuai akan berubah.

Lalu, bagaimana ceritanya yang sudah bertahun-tahun belum bisa move on? Mencobalah untuk selalu membuka hati dan pikiran untuk hal-hal baru. Gelas yang penuh tentu akan sulit jika diisi air secara utuh, makan kosongkan lah terlebih dahulu lalu isi kembali. Akhir yang minor adalah awal untuk memulai mayor. Begitu lah nada-nada kehidupan itu akan selalu konsisten dalam dinamikanya. Konon katanya tidak ada yang abadi, yang abadi hanya perubahan itu sendiri.

Yang masih belum bisa move on dan hilang semangat, coba lihat di luar sana masih banyak yang jauh lebih bisa menghargai dan mencintai. Hidup ini terlalu sayang kalau tidak dinikmati dan dirayakan. :)
Dan seorang Aku, tidak melulu menulis itu buat orang lain. Aku menulis sekedar mengingatkan diri sendiri juga.



Keep moving on, this life is a climb.
(#curhatdigital)




14 comments:

  1. langsung muter lagu lupakan mantan vidi aldiano hahhaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang punya mantan, kalo gak punya mantan gimana?
      Muter lagu status palsu? hahaha

      Delete
  2. berbangga karna bisa ganti-ganti pasangan?
    Justru menurutku sebaliknya, meski malu karena itu kegagalan.

    Bisa move on itu yang gimana?
    Ingat atau lupa itu ga bisa dipaksakan. Terkadang ada hal yg ingin diingat nyatanya lupa, kadang ada sesuatu yang ingin dilupakan malah inget wae. Gimana dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yak. Bisa jadi atau mungkin, Om. hehehe
      Biar gagal, tetep harus diulangi kan..proses keberhasilan beberapa justru dari kegagalanyang berulang. :)
      Bisa move on itu yang bisa merasa bebas tanpa beban apapun.
      Betul, Om. Tidak bisa dipaksakan. Malah yang ada terjadi kebalikannya.
      Tapi bisa diusahakan kan? hihi
      Kalau hati dan pikiran tidak sejalan, gak ada berhasil.
      Le coeur a ses rasions que la rasions ne connait pass (Hati punya akalnya sendiri yang tidak bisa dimengerti akal budinya) by Pascal heheh kalo gak salah gitu kalimatnya. uhuhuuuuu

      Delete
    2. bang sobat ini memang pakar nya cinta ini hahaha

      Delete
  3. padahal udah dilakuin semua, tapi masih susah ngelupain mantan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa harus dilupain?
      Semangat cari pengganti :D

      Delete
  4. Mantab tips nya mbak Sist, hehe

    mampir juga yak
    Bahagia itu Bersyukur
    https://guesimple.wordpress.com/2014/12/12/266/

    ReplyDelete
  5. Oh kakak, aku kok ama mantan biasa-biasa aja ya... pernah beberapa bulan lalu mantan nge-BBM untuk minta dibikinin sketsa utk ultahnya, trus aku jawab dgn cool "Ok, kirim aja fotonya yg mau digambar", stelah aku terima email fotonya, aku liat...ternyata itu adalah foto mantan ama pacar barunya. Ampe titik situ juga, aku tetep biasa2 aju tuh, apa aku aneh ya, mmmm......ato aku harus gila aja gitu ya ....bunuh diri yg enak gimana ya ? haha. (True Story). Sumpah kaya FTV nu dipikakeuheuleun. Heuheu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hae..thank u for reading :)

      Terlatih patah hati kali? bahahahaaa
      itu mantannya kasebeleun banget yahhh
      masukin musium peninggalan sejarah aja dek #eh

      Delete
    2. Hahahahaha...ia kakak kayaknya dia harus dimasukin ke musium. BIAR DIA TAHU RASANYA.........rasa dimasukin ke musium...he.

      Delete
    3. Kalau udah di musium, siapa tau CLBK.

      syalalalallaaa

      Delete

 

Followers

Google+ Badge

Links

BumiBloggerWarung Blogger